Houston Story - Month 1 - Culture & Environment First Impression

Finally!
January was over.
Marked my 1st month here.
What did I learn here?

1. The higher, way much higher level of independency

Gw ga ngerti lagi. Orang sini super duper mandiri tingkat dewa!
Beruntung lah anda yang di Indonesia, apa2 dilayanin.
Disini, isi bensin sendiri, restoran rata2 ambil sendiri, only middle up and fancy restaurant yang truly serve. Itu pun ga selebay di Indo.
Ke groceries store, nimbang sendiri, ngelabelin harga sendiri kalo beli buah/sayuran.
Nyewa mobil ambil sendiri mobilnya
Perjalanan dinas, beli tiket pesawat sendiri..hotel sendiri..nyewa mobil sendiri..
After college, orang rata2 keluar dari rumah orang tuanya tinggal sendiri

2. Learn about manner better

Ketika kita buka pintu, selalu utamain orang lain, selalu bukain pintu buat orang lain dulu dan nahan pintu untuk mempersilahkan orang keluar atau masuk.
Terutama cowo, dia akan sangat sigap cepat tanggap bukain pintu.
Misal lu makan siang, ber 5, ada cowonya, pasti mereka yang either jalan duluan buka pintu dan selalu mempersilahkan kita jalan duluan.

Nyapa orang, bilang have a good day, have a nice day, good morning, compliment orang asing (ur dress looks cute today), itu biasa banget!
Justru kita dianggap ga sopan atau sombong kalo misal kita cuek dan jutek aja. Padahal kita udah disapa.
Itu something yang harus kudu mesti gw ubah.
Karena gw orangnya jutek banget cuy.
Terutama masalah compliment, disini gw bener2 liat mereka compliment tu tulus banget, ga dibuat2, bukan untuk menjilat, because it's stranger yg mereka compliment, dan mereka ga peduli.

Always give tips to waiter/ss start from 15%-20%
Always clean after everything (work..eat at public..)
Tidak buang sampah sembarangan

3. Welcome diversity at the finest

Disini gw merasa sangat diterima banget.
Dan mereka biasa aja gitu loh, ga lebay, they consider me as like them since day 1.
They didn't make me feel like stranger, at all!
Gw ga ngerti lagi sih.
Despite of how stupid my English is, muke gw yg ga cakep2 amat..dari negara berflower pula..mereka santai gitu.
Gw ga merasakan diskriminasi sama sekali.
Walaupun, sbagai kaum pemeluk agama minoritas..gw awalnya merasa takut..
Cuma ternyata..disini banyak juga loh muslimnya.
Dan dikantor gw juga ada yang gw tau Islam 5 orang, so, mantap jiwa.

4. They obey the law, strictly

Walaupun disini pengendara mobilnya gila2, tapi yang namanya udah lampu merah, semua berenti dibelakang garis.
Ga ada tu yang bandel.
Krn disini lampu merah di kasih kamera. Dan tilang elektronik bener2 dijalanin.
Dan semua orang kalo bisa dulu2an nyuruh orang lain jalan duluan kalo di persimpangan.
Coba kalo di Indo, ga ada yang mau ngalah.
And they use uber kalo mereka mau ngebar.
Ga kaya kita yang sok2an bawa mobil terus nabrak dah.
Walaupun..ada jeleknya juga..
Krn pengendara disini super fast, di highway sering banget kecelakaan. Makanya gw avoid highway.
Terus lagi..
Ga ada tu yang suka nonton film bajakan
Semua nya paid and subscribe
Parkir pun, lu ga boleh sembarangan, ga boleh numpang parkir, kecuali ga ada sign larangannya, bisa diangkut derek or ditilang coyy. Bahayaaa

5. Makanan disini enak2, porsi gede, with reasonable price, banyak pilihan

Dulu, asli, gw pikir gw bakal makan cuma kentang dan burger doang.
Ternyata, disini, surga makanan cooy!!!!!
Dan makanannya start from $3-50
Lu mau makan yg bangsa 3 dolaran ada..
Mau yang mahal smpe 100 dolar juga ada.
Dan makannya porsi nya gede banget..enak banget pulaaaa.
Gw sempet sih kangen masakan Indonesia..
Tapi setelah gw pikir2 lagi..buat apa.
Toh gw tinggal di Indo 29 taun.
Ini gw di sini cuma 3 bulan coyy.
Kapan lagi.
Tapi gw tetep eling..
Eling dompet sama eling berat badan.
Gw sarapan slalu dirumah, belanja mingguan, abis $30-50 dolar. Kalo lagi khilaf smpe $70-100.
Makan siang diluar, biar nambah temen, nambah pengalaman.
Kaga makan malem krn ngirit ama jaga berat badan.
Weekend slalu sempetin jalan keluar buat belanja.
Di sini gw paling suka Mexican food nya.
Enak bangeettt ga booongg.
Dulu gw benci banget sama mexican food.
Turns out..disini enak.

6. Not all pricy, u can choose ur lifestyle preferences

Jadi disini bisa dibilang surga belanja.
Tapi orang sini pun kalo belanja milih2.
Waktu minggu pertama gw belanja di mall paling hitz disini, kaya GI dan PIM nya Indo lah..terus dibilangin..lau kalo mau belanja jangan disitu..nih gw kasi list tempat belanja yang bagus dan murah.
Alhasil ada lah gw punya list tempat belanja 10. Mau modaar.
Pesen gw, kalo mau belanja, jangan dirupiahin. Tar stres dan nyesek sendiri.
Gw tiap minggu kalo keluar pasti abis minimal 50-100 dolar..itu sehari..sehari doang. Suka kasian ama dompet. Wkwkwkwk.
Kalo di rupiahin mah..pusing sakit kepala.

7. Everything is bigger in Texas and u can find almost everything in here

Kaya tobeli...apel...smuanya gede2..
Groceries product mereka the best! Segar montok ranum mulus mantap.
Jalanannya luebar nya pake buanget.
Rumahnya lucu2..
Buanyak buanget barang2 lucu baik di groceries store..make up store..baju tas sepatu yang luar biasa buanyak dan lucu yang aneh yang bikin gw suka ngomong "anjir..apaan tu..lucu amat"

8. Lingkungannya bersih, rindang, nyaman untuk jalan. 

Gw suka banget jalan di trotoar disini
Ngeliatin rumah yang lucu2.
Ngeliatin pohon yang ga ada daunnya (soalnya lagi musim dingin kan).
Ga ada sampah wooyyyyyy.
Walaupun enak, tapi gw was2..
Sama anjing..sama homeless person..sama orang jahat..
Tapi sumpah...jalan2 kaki disini enak.
Segini aja Houston termasuk yang tidak direkomendasikan jalan kaki.
Disini orang kebanyakan pake mobil.
Yang pasti gw heran..rumah pada kaga ada pagernya..emang aman apa yak?

9. Becareful of homeless person, pulang malem, dan kalo mau ke mobil. Hindari daerah rawan

Walaupun lu bae, mau nolong, tapi kadang2 homeless person disini suka jahat.
Ada temennya temen gw, naik mobil sedan sport, kapnya dibuka, di perempatan ada homeless person, dia minta uang, ga dikasi, di lukain dong pipinya pake piso. Untung laki.
Makanya kalo mau ngasi, jendela dibukanya dikit aja.
Terus kalo cewe..jangan pulang malem2 sendirian..kalo bisa jam 7 dah smpe rumah klo sendirian.
Terus jangan lewat daerah rawan.
Dan kalo mau ke mobil, siapin kunci dari jauh, masuk langsung kunci langsung cabut.
Be aware of surrounding juga.
Jangan naro tas di mobil.
Standar keamanan yg kaya di indo juga lah.

10. If u want to stay longer and want to be success, learn their accent

Gw dikasi tau sama partner disini.
Walaupun orang2 disini accepting, but for longer term..it is u who must adapt with them.

11. They enjoy having quality conversation..event..meeting..

No selfie2 club. No poto2 makanan sebelum makan club. No main2 hp club pas lagi ngumpul.
Semua orang engage in the present.
1 lagi, kalo mau foto atau rekam di suatu tempat atau event...atau sama seseorang, make sure they allow u to do that.
Krn mereka sangat menjunjung privacy.
Kalau lu melanggar itu, lu dianggap ga sopan..ga care..dan bisa buat lu di banned dari tempat itu or ga diajak lagi. Hihi

12. Houston bulan Januari Dingin! Dan cuacanya random!

Makanya orang sini sangat mengandalkan weather app.
Segini dia bukan negara bersalju loh.
Kadang2, matahari terik, tapi berangin dingin.
Kadang2 mendung, tapi ga dingin
Terus tau2 ujan deres sampe berangin parah, bilangnya disini thunderstorm.
Kadang malem dingin, kadang anget.
Kadang pagi2 dingin banget, kadang dingin aja.
Aneh dah.
Dulu sebelum dateng kemari..I always wondering dingin 10-15 derajat kek gimana sih..
Well..kaya lu subuh2 di tasik sukabuki bogor puncak bromo sono dah.
Dan itu bkin kulit gw kering dan breakout gila.
Dulu gw benci body butter.
Sekarang gw butuh bener



Kesimpulan:

I love Houston

Houston M-1: Mantap!

Comments